Peta Harga Tanah Kota Yogyakarta dan Sekitarnya

/

Setelah sebelumnya tim xproperti membuat peta harga tanah Jakarta dan Surabaya, kali ini tim xproperti merilis peta harga tanah untuk Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Semula direncanakan untuk seluruh Provinsi Yogyakarta. Namun data yang didapatkan masih kurang terutama di kabupaten-kabupaten di luar Kota Yogyakarta sendiri seperti Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo. Walaupun model harga tanah untuk seluruh Provinsi Yogyakarta dapat dihasilkan, akan tetapi masih mengandung kesalahan-kesalahan yang cukup besar, dengan kata lain akurasi yang didapatkan masih cukup rendah. Karena itu kemudian dipilihlah hanya area Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Model Peta Harga Tanah Kota Yogyakarta

Pembuatan model harga tanah Kota Yogyakarta cukup menarik dengan beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Dalam beberapa tahun terakhir, harga tanah di Yogyakarta telah mengalami lonjakan harga yang cukup tinggi, mencerminkan popularitas dan potensi ekonominya yang terus berkembang. Permintaan akan properti telah didorong oleh pertumbuhan jumlah mahasiswa dan perkembangan kota secara keseluruhan. Dengan semakin banyaknya mahasiswa dan investor yang datang ke Yogyakarta, persaingan untuk mendapatkan tanah semakin ketat, sehingga menyebabkan peningkatan harga tanah, dimana harga tanah di pusat Kota Yogyakarta saat ini telah mencapai lebih dari Rp.10.000.000 per meter persegi.
  2. Yogyakarta adalah kota pelajar dan wisata bukan merupakan kota Industri. Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) di Kota Yogyakarta hanya berkisar di angka 2 juta Rupiah (Humas DIY). Berdasarkan UMK tersebut dapat diproyeksikan banyak warga Yogyakarta akan kesulitan untuk memiliki properti.
  3. Kawasan Kota telah memiliki kepadatan bangunan dan penduduk yang sangat tinggi. Sulit untuk mendapatkan tanah di kawasan perkotaan. Jika ada, maka harganya akan melambung tinggi. Akibatnya kegiatan ekonomi dan permukiman tumbuh menjauh dari pusat kota ke kabupaten-kabupaten lainnya di sekitar perbatasan Kota. Permintaan yang tinggi di kawasan pinggiran kota ikut mengatrol harga tanah di kawasan tersebut.

Peta Harga Tanah Kota Yogyakarta

Dengan beberapa alasan tersebut, tentunya sangat menarik untuk mendapatkan gambaran harga tanah di Kota Yogyakarta yang divisualisasikan dalam sebuat peta harga tanah. Seperti peta-peta harga tanah di kota lainnya, peta harga tanah Yogyakarta ditampilkan dalam grid-grid berbentuk segi enam (hexagon) untuk mengoptimalkan bentuk dan jumlah grid di kawasan tersebut. Kemudian perkiraan harga tanah akan ditampilkan dalam setiap grid di sertai dengan nama desa, kecamatan dan kabupaten seperti tampak pada gambar berikut.

Peta harga tanah Yogyakarta
Peta harga tanah Yogyakarta

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana harga tanah di Kota Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan mengunjungi Peta Harga Tanah Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

This div height required for enabling the sticky sidebar